Friday, May 26, 2017

Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas



CARA MENGATASI PONSEL ANDROID CEPAT PANAS




          Di jaman moderenisasi saat ini mayoritas pengguna Ponsel menggunakan Ponsel yang sudah berbasis Android, yang memiliki banyak fitur dan Aplikasi yang sangat mendukung dan di gemari oleng kalangan Pengguna Ponsel Android khususnya. Namun tidak jarang pula banyak yang dikeluhkan oleh kalangan pengguna Ponsel Android disaat Ponsel yang digunakannya mengalami cepat panas pada bagian battery dan mesin Ponselnya. Ada sebab tentu ada akibatnya, mengapa Ponsel menjadi cepat panas tentu ada penyebabnya dan akan ada dampaknya entah itu lambat atau cepat.
          Namun sebelum saya menyampaikan solusi bagaimana caranya mengatasi Ponsel Android yang mengalami cepat panas, alangkah baiknya terlebih dahulu akan saya sampaikan penyebab - penyebab utama Ponsel Android menjadi cepat panas agar setidaknya Anda sebagai pengguna Ponsel dapat mengantisipasinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pada Ponsel Android menjadi cepat panas saat digunakan, terutama pada bagian battery Ponsel dan lebih parahnya lagi sampai terjadi panas pada bagian mesin Ponsel. 

Baca Juga : Ciri Kerusakan Hardware Ponsel


Penyebab terjadinya Ponsel Android yang cepat panas, yaitu :
1. Penggunaan Ponsel yang berlebihan
       Penggunaan Ponsel yang berlebihan yang dimaksud disini adalah disaat Anda menggunakan Ponsel untuk bermain game atau menggunakan aplikasi lainnya dengan cara berlebihan dan tanpa henti dalam waktu yang cukup lama. Jelas hal ini akan menguras daya battery Ponsel dan menjadikan battery Ponsel Android Anda akan cepat panas dan akan berpengaruh cepat pada mesin Ponsel Android Anda ikut menjadi cepat panas pula. 

2. Signal Ponsel yang kurang stabil
       Daya pancar signal yang dipancarkan oleh BTS operator yang kemudian tidak maksimal ditangkap oleh daya Ponsel juga akan berpengaruh pada Ponsel menjadi cepat panas, terutama dibagian mesin Ponsel yang bekerja untuk menangkap ( input ) signal operator dan pemancar ( output ) signal kembali ke BTS operator. Hal seperti inipun dapat menyebabkan daya battery pada Ponsel akan menjadi cepat panas dan habis. 

3. Aplikasi - aplikasi yang masih aktif di Ponsel
        Hal ini terjadi biasanya pengguna Ponsel yang kurang teliti, disaat anda menggunakan aplikasi lain namun ada beberapa aplikasi yang lainnya masih stanby atau masih aktif dan tidak di close terlebih dahulu, sehingga Ponsel secara otomatis menjalankan beberapa fungsi yang lebih dari satu sehingga Ponsel akan menjadi cepat panas dan daya pada battery Ponsel pun akan cepat terkuras habis. 

4. Battery Ponsel yang tidak Normal
        Penggunaan Ponsel yang sudah cukup lama maka biasanya daya pada battery Ponsel pun ikut menurun atau melemah sekalipun battery Ponsel tersebut masih Original, ini disebabkab usia battery yang sudah udzur sehingga battery pun sudah haus maka daya battery pun menjadi cepat habis, dengan daya battery yang cepat habis ini cenderung pengguna Ponsel lebih kerap untuk melakukan pengecasan. Dampaknya pada battery dan mesin Ponsel akan menjadi cepat panas. Hal ini pun dapat terjadi dimana Ponsel menggunakan battery yang tidak original alias KW, sehingga daya battery yang di supply ke mesin Ponsel tidak mendukung sehingga dapat menyebabkan battery Ponsel cepat panas dan habis.  

      Dengan mengetahui penyebab - penyebab yang menjadikan battery dan mesin Ponsel menjadi cepat panas, setidaknya kita pun tahu bagaimana mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi atau setidaknya mengurangi agar pada Ponsel tidak terjadi cepat panas yang berlebihan. Baca trik berikutnya di bawah ini mengenai antisipasi agar Ponsel tidak cepat panas.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Ponsel Android


 Antisipasi agar Ponsel tidak cepat panas yang perlu Anda lakukan, yaitu :
  1. Hindari penggunaan Ponsel seperti bermain game yang berlebihan.
  2. Beri waktu jeda pada Ponsel untuk istirahat dalam penggunaan koneksi ke jaringan internet.  
  3. Hindari penggunaan Ponsel di saat di operasikan untuk berkomunikasi atau koneksi internet ataupun bermain game sambil melakukan pengecasan. 
  4. Gunakan battery yang original atau battery yang masih normal terutama yang memiliki daya yang mendukung pada Ponsel.
  5. Gunakan charger Ponsel yang original atau charger yang memiliki Amper yang mendukung untuk pengecasan pada Ponsel sehingga Ponsel tidak di cas dalam waktu yang terlalu lama.
  6. Hapus Aplikasi - aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan, sebab akan menambah beban kinerja Ponsel.
  7. Gunakan operator jaringan seluler yang di anggap paling baik di sekitar wilayah Anda. Jika tidak kebetulan anda berada di wilayah yang sangat minim signal lebih baik di off saja Ponsel Anda untuk sementara waktu.
  8. Simpan Ponsel Anda di tempat yang aman, jauhkan dari benda - benda yang memiliki daya magnet yang tinggi dan dari tempat yang panas.  
  9. Di anjurkan sesering mungkin Ponsel anda untuk di bersihkan dari kotoran debu yang masuk pada Ponsel. Dan mungkin masih banyak lagi cara mengantisipasi agar Ponsel anda agar tidak cepat panas.
     Baca Juga : Ciri Kerusakan Software Ponsel  


         Kurang lebihnya itulah cara mengantisipasi agar Ponsel dan battery Ponsel agar tidak cepat panas yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Silahkan Anda dapat mengantisipasi dengan cara anda sendiri yang menurut anda lebih baik. Semoga sedikit wawasan ini dapat menambah wawasan Anda untuk merawat Ponsel anda agar lebih tahan lama. Sekian ... dan Terima kasih ...


Salam Sukses selalu untuk Anda .....

 

No comments:

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ IKUTI agar dapat berkomentar.
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.