Wednesday, April 5, 2017

Cara Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360



Cara Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360



Cara Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360


        Factory Reset atau Hard Reset pada Ponsel mengapa perlu dilakukan, tidak lain adalah bertujuan untuk mengembalikan semua program atau Menu ke settingan awal pabrik atau kembali seperti pengaturan Menu Ponsel baru lagi. Sebelum anda melakukan Factory Reset atau Hard Reset sebaiknya anda melakukan langkah beckup data, sebab setelah anda melakukan Factory Reset atau Hard Reset semua data yang tersimpan di dalam Ponsel seperti Phonebook, SMS, Aplikasi yang terpasang yang bukan bawaan dari Ponsel akan terhapus dan hilang, maka dari itu perlu antisipasi beckup data.

     Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa perlunya melakukan langkah mengambil keputusan untuk melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada Ponsel, tentunya ada alasan tersendiri yang biasanya pada Ponsel tersebut mengalami lupa pola kunci layar, bootlop, lupa kata sandi, lupa pasword, Ponsel lamban atau lelet, mungkin juga mengalami sebagian aplikasi pada Ponsel mengalami eror, sehingga timbul solusi untuk melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada Ponsel tersebut seperti halnya yang terjadi pada Ponsel Samsung Galaxy Young GT-S5360 yang akan saya bahas pada artikel Blog saya kli ini.     

      Namun sebelum anda mengambil keputusan dengan cara apakah Ponsel ini harus diperbaiki, apakah dengan cara Factory Reset ?, apakah dengan dengan cara Hard Reset, ataukah dengan cara di flashing ?. Masing - masing solusi tersebut intinya sama yaitu untuk mengembalikan kondisi Ponsel agar kembali ke setelan awal pabrik agar Ponsel lebih fresh lagi.

      Disini yang akan saya sampaikan ada 3 cara, yaitu : pertama cara Factory Reset menggunakan Menu Pengaturan dan ke dua menggunakan kode sandi dan ketiga menggunakan metode Hard Reset. Apabila Ponsel masih dapat di operasikan maka cara yang digunakan adalah dengan cara Factory Reset lewat Menu Pengaturan dan Kode sandi. Namun jika Ponsel tidak dapat di opersikan seperti halnya Ponsel terkunci dan bootlop serta sejenisnya, maka cara yang digunakan adalah dengan metode Hard Reset yaitu dengan cara menekan kombinasi tombol pada Ponsel.


A. Langkah - langkah cara melakukan Factory Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360, adalah sebagai berikut : 
  1. Pastikan terlebih dahulu daya yang tersimpan di dalam battery Ponsel anda minimal masih 50%, agar disaat proses melakukan Factory Reset Ponsel tidak terhenti karena daya pada battery Ponsel habis.
  2. Lepaskan semua perangkat yang masih terpasang pada Ponsel seperti SIM Card dan Memory Card.
  3. Kondisi Ponsel dalam keadaan di nyalakan / On.
  4. Masuk ke Menu Setting ===> Backup and reset ===> Factory Data Reset ===> Reset Device.
  5. Konfirmasi / pilih untuk hapus semua, maka Ponsel akan Restart dan melakukan proses Loading dan tunggu sampai proses selesai.
  6. Ponsel anda akan menampil Menu seperti Ponsel baru lagi.


B. Langkah yang ke dua ini anda hanya cukup memasukkan kode saja yaitu dengan cara menekan kode angka *27678*3855#, maka Ponsel akan Restart dan kembali ke tampilan Menu awal seperti Ponsel baru lagi.       
      
C. Langkah ke 3 ini adalah dengan cara melakukan Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360, adalah sebagai berikut :
1. Lepaskan terlebih dahulu semua perangkat seperti SIM Card dan Memori Card yang masih terpasang pada Ponsel anda.
2. Pastikan terlebih dahulu daya yang tersimpan di dalam battery Ponsel anda minimal masih 50%, agar di saat proses melakukan Hard Reset Ponsel tidak terhenti karena daya yang tersimpan pada battery Ponsel telah habis, sehingga akan menyebabkan proses Hard Reset terhenti dan memungkinkan Ponsel akan menjadi tambah eror pada perangkat lunaknya atau Softwarenya. Apabila sampai terjadi hal seperti ini, maka Ponsel harus diperbaiki dengan cara di flashing menggunakan perangkat komputer.

3. Sebelum melakukan Hard Reset, posisi Ponsel harus dalam kondisi di Non aktifkan / di Off terlebih dahulu.

4. Tekan 3 tombol secara bersamaan, yaitu :
- Tombol Power On / Off
- Tombol Volume Up (+) / atas dan
- Tombol Home / Menu
Setelah muncul logo " Samsung ", ke 3 tombol yang ditekan lalu dilepaskan dengan cara bersamaan pula.


5. Maka Ponsel akan menampilkan pilihan Menu Android System Recovery sebagai berikut :
Android system recovery
Android system recovery

reboot system now
apply update from sdcar
wipe data/factory reset
wipe cache partition
------------------------------------

Lalu geser / Scroll ke bawah dengan cara menekan tombol Volume Down (-) / bawah dan arahkan ke Menu " wipe data/factory reset " dan pilih / konfirmasikan dengan cara menekan tombol Home / Menu sekali saja. 
Android system recovery
Android system recovery

reboot system now
apply update from sdcar
wipe data/factory reset          <=====
wipe cache partition
------------------------------------


6. Berikutnya Ponsel akan menampilkan Menu sebagai berikut :
Android system recovery

Confirm wipe of all use
THIS CAN NOT BE UNDONE
No
No
No
No
No
No
No
Yes - - delete all user
No
No
No 
---------------------------------------        
Lalu geser / Scroll ke bawah dengan cara menekan tombol Volume Down (-) / bawah dan arahkan ke Menu " Yes - - delete all user " dan pilih / konfirmasi dengan cara menekan tombol Home / Menu sekali saja.

Confirm wipe of all use
THIS CAN NOT BE UNDONE
No
No
No
No
No
No
No
Yes - - delete all user          <=====
No
No
No 
---------------------------------------

7. Selanjutnya Ponsel akan melakukan 
- - Wiping data...
Formatting /data...
Formatting /cache...
Data wipe complete.
Rebooting...

Biarkan sejenak Ponsel melakukan proses - - Wiping data... sampai dengan selesai, maka selanjutnya Ponsel akan menampilkan logo " Samsung " seperti di bawah ini untuk melakukan proses Loading sekitar 1 menit dan biarkan sampai selesai.  

8. Berikutnya yaitu yang terakhir, Ponsel akan menampilkan pilihan Menu bahasa. Anda tinggal mengikuti saja perintah Menu yang tampil pada layar Ponsel anda dengan cara menekan Menu perintah yang ada sesuai keinginan anda. 

        Setelah anda melaksanakan perintah yang ada pada tampilan Ponsel anda sampai dengan selesai, maka Ponsel anda akan menampilkan Menu utama seperti Ponsel baru lagi dan proses Hard Reset pada Ponsel anda dikatakan selesai dan berhasil.

Itulah langkah - langkah cara melakukan Hard Reset pada Ponsel Samsung Galaxy Young GT-S5360 yang mengalami masalah :
- Bootlop
- Lupa pola kunci layar
- Lupa kata sandi
- Lupa pasword
- Ponsel lamban / lelet
- Terjadi eror pada salah satu aplikasi dan lain sebagainya


      Dengan tutorial di atas yang telah saya uraikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat menambah wawasan Anda dan membantu pemahaman anda untuk melakukan Hard Reset pada Ponsel Samsung Galaxy Young GT-S5360 sendiri hingga berhasil.

     Sekian artikel mengenai tentang langkah - langkah cara melakukan Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S5360. Silahkan dapat anda Share ataupun berkomentar dan dapat anda baca artikel terkait lainnya mengenai Solusi Kerusakan Ponsel pada Blog ini. 

Semoga dapat Bermnfaat..... 
  

No comments:

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ IKUTI agar dapat berkomentar.
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.