Thursday, April 13, 2017

Cara Hard Reset Oppo Yoyo R2001



CARA HARD RESET OPPO YOYO R2001




          Pada umumnya, mengapa kebanyakan pengguna Ponsel Oppo Yoyo R2001 lebih memilih tindakan untuk melakukan Hard Reset pada Ponselnya di saat Ponselnya mengalami kasus Hank / Bootlop dan lupa pola kunci layar serta lupa kode keamanan yang dibuatnya sendiri. Sedangkan Ponsel Oppo Yoyo R2001 yang dimilikinya tergolong Ponsel masih baru dan bergaransi.
          Mengapa tindakan untuk Meng-Hard Reset ini dilakukan .?, banyak berbagai macam alasan dari masing - masing pengguna Ponsel Oppo Yoyo : Ada yang tidak mau masuk garansi karna takut jadinya lama, ada juga memang karna jauh atau tidak tau kemana mereka mencari tempat garansinya. Kira - kira begitulah kebanyakan pengguna Ponsel Oppo Yoyo R2001 yang dikeluhkan ketika Ponselnya menemukan masalah, yang mana pada intinya pengguna Ponsel Oppo Yoyo R2001 tidak mau ribet sehingga pengguna inggin mencari solusi tercepat agar Ponselnya dapat digunakan kembali seperti sediakala. 

Dengan Cara Hard Reset ini dapat mengatasi masalah : 
- Lupa pola kunci layar
- Lupa kode keamanan
- Ponsel mengalami lamban / lelet 
- Saat digunakan Ponsel kurang / tidak responsif 
- Terjadi eror pada aplikasi yang sering muncul dilayar Ponsel

Namun dengan Cara Hard Reset dapat mengakibatkan semua data pengguna yang tersimpan di memory internal ponsel akan hilang, seperti halnya : Kontak, pesan dan aplikasi yang bukan bawaan dari Ponsel. Sebab Ponsel akan dikembalikan kembali pengaturannya ke awal setelan pabrik.   

Bagi anda yang ingin mencoba untuk melakukan perbaikan pada Ponsel Oppo Yoyo R2001 yang mengalami masalah seperti di atas, anda bisa mengikuti langkah - langkah cara melakukan proses Hard Reset untuk Ponsel Oppo Yoyo R2001 di bawah ini.

Baca Juga : Cara Hard Reset Polytron 4G 550


Langkah - langkah Cara melakukan Hard Reset Ponsel Oppo Yoyo R2001, sebagai berikut :
1. Lepaskan terlebih dahulu semua perangkat SIM Card dan Memory Card yang masih terpasang di Ponsel anda.  

2. Pastikan terlebih dahulu daya yang tersimpan di dalam battery Ponsel anda minimal masih tersisa 50%, agar di saat proses melakukan Hard Reset Ponsel tidak terhenti karena daya yang tersimpan pada battery Ponsel telah habis. Sehingga akan menjadikan proses Hard Reset gagal dan memungkinkan Ponsel akan menjadi bertambah eror pada perangkat lunaknya atau softwarenya. Apabila sampai terjadi  hal seperti ini, maka Ponsel harus diperbaiki dengan cara di Flashing menggunakan perangkat komputer untuk diganti firmwarenya dengan yang lebih baru atau di upgrade versinya dengan yang lebih baru dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

3. Sebelum melakukan Hard Reset, posisi Ponsel harus di Non aktifkan / di Off terlebih dahulu. Apabila Ponsel tidak dapat di Non aktifkan / di Off karena akibat Ponsel mengalami Hank / bootlop sehingga Ponsel tidak dapat di Non aktifkan / di Off menggunakan tombol Power On/Off, anda bisa melakukan dengan cara langsung melepas battery Ponsel lalu memasangnya kembali. 

4. Tekan ke 2 tombol secara bersamaan, yaitu :
-Tombol Power On /Off dan 
- Tombel Volume Down ( - ) / turun  
Sampai Ponsel mengeluarkan getar dan menampilkan Logo Oppo lalu tombol yang di tekan dilepaskan secara bersamaan pula. Maka Ponel akan menampilkan tulisan ==> RECOVERY MODE berwarna putih di pojok sebelah kiri bawah seperti di bawah ini. Tunggu proses hanya beberapa detik.

5. Ponsel akan menampilkan pilihan Menu Bahasa, lalu pilih bahasa English. Anada bisa menggunakan tombol Power On/Off untuk memilih atau anda bisa juga menggunakan layar sentuh untuk memilihnya dan untuk menggeser ke atas dan kebawah anda bisa menggunakan tombol navigasinya menggunakan tombol volume Down ( - ) dan up ( + ). Kali ini saya akan menggunakan metode pilih dengan menekan tombol Volume Down ( - ) dan Up ( + ).

6. Selanjutnya akan menampilkan OPPO RECOVERY dengan pilihan Menu :
- Install from sd
- Wipe data and cache
- Usb mass storage mode
- Reboot
- Power off
- Partition info
- Ver 1.0(Unroot)
Geser ke bawah dengan cara menekan tombol Volume Down ( - ) dan arahkan ke " Wipe data and cache " lalu pilih dengan cara menekan tombol Power On/Off sekali saja.

7. Ponsel akan menampilkan Menu " Wipe data and cache " dengan pilihan :
- Wipe data and cache
- Wipe data
- Wipe cache
Geser ke bawah dengan cara menekan tombol Volume Down ( - ) dan arahkan ke " Wipe data and cache " lalu pilih dengan cara menekan tombol Power On/Off sekali saja.

8. Ponsel akan menampilkan Menu " wipe data and cache " lalu pilih Yes untuk mengkonfirmasi dengan cara menekan tombol Power On/Off sekali saja.
Dan Ponsel akan melakukan proses wiping, tunggu sejenak sampai proses Wipe successfully. lalu pilih Yes dengan cara menekan tombol Power On/Off sekali saja.

9. Ponsel akan menampilkan kembali OPPO RECOVERY dengan pilihan Menu :
- Install from sd
- Wipe data and cache
- Usb mass storage mode
- Reboot         <===
- Power off
- Partition info
- Ver 1.0(Unroot)
Geser ke bawah dengan cara menekan tombol Volume Down ( - ) dan arahkan ke " Reboot " lalu pilih " Yes " dengan cara menekan tombol Power On/Off sekali saja.

10. Proses selanjutnya Ponsel akan menampilkan Logo OPPO untuk melakukan proses loading membutuhkan waktu sekitar sampai 3 menit, tunggu proses loading sampai selesai.

11. Selanjutnya Ponsel akan menampilkan menu pilihan bahasa,lalu ikuti perintah yang tampil pada layar Ponsel, apabila proses Hard Reset anda berhasil maka Ponsel akan menampilkan menu halaman utama seperti Ponsel baru lagi.
 
Catatan :
          Apabila kerusakan awal pada Ponsel anda adalah bootlop kemudian anda melakukan Hard Reset hingga sampai proses loading namun tidak sampai pada menampilkan menu halaman utama, maka dapat dikatakan proses Hard Reset Ponsel anda gagal, namun anda tidak usah bingung, karna Ponsel anda masih dapat diperbaiki dengan cara lain, yaitu dengan cara di Flashing menggunakan perangkat komputer untuk dilakukan upgrade versi minimal dengan versi yang sama.


Sampai pada proses ini maka proses Hard Reset selesai dan Ponsel anda kembali normal seperti Ponsel baru lagi. 

Baca Juga : Cara Hard Reset Azuz Zenphone X014D


          Itulah tutorial langkah - langkah cara melakukan Hard Reset pada Ponsel Oppo Yoyo R2001 yang dapat saya bagikan untuk menambah wawasan anda.
      semoga dapat membantu pemahaman anda sehingga anda dapat melakukan Hard Reset sendiri hingga berhasil. Silahkan anda dapat berkomentar mengenai artikel di atas dan dapat anda Share. Anda dapat membaca artikel terkait lainnya mengenai Solusi Kerusakan Ponsel pada blog saya ini, sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.


Semoga dapat bermanfaat .....   

No comments:

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ IKUTI agar dapat berkomentar.
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.