Wednesday, February 15, 2017

Solusi Ponsel Terkena Air




SOLUSI PONSEL TERKENA AIR




        Ponsel yang terjatuh ke air, kehujanan, terendam di cucian dan masih banyak lagi kasus yang serupa. Kemungkinan sangat kecil Ponsel akan sulit untuk kembali normal seperti semula setelah terkena apalagi sampai terendam air, sebab beberapa komponen pada Ponsel memang sangat sensitif bila terkena air dan biasanya akan menjadi tidak berfungsi jika sudah terkena air. Terkecuali Ponsel yang memang sudah dirancang khusus memiliki teknologi water resistant / anti air, seperti hal-nya Ponsel iPhon terbaru, Ponsel Samsung S7, dan Ponsel Sony Z series, meskipun masuk ke air atau bahkan terendam di dalam air Ponsel tersebut akan tetap bekerja dengan baik.
        Langkah - langkah apa saja yang harus dilakukan ketika Ponsel terkena air dan dengan harapan Ponsel dapat normal kembali seperti sediakala dan tidak terjadi kesalahan tindakan pertama pada saat setelah Ponsel tersebut terkena air.
          Apabila langkah - langkah yang dilakukannya benar, maka Ponsel kemungkinan besar masih dapat terselamatkan dari : mati total, short / koslet dan kerusakan lainnya yang menyebabkan Ponsel tidak berfungsi dengan semestinya. Perlu untuk di ingat : ini adalah cara pertama kali apabila kejadian tersebut terjadi pada Ponsel, apabila tidak berhasil maka segera dibawa ke tempat penyedia layanan servis Ponsel. 


Kerusakan yang sering terjadi apabila Ponsel terkena air : 
  • Ponsel menjadi mati total.
  • Ponsel masih dapat di aktifkan / menyala, namun tidak normal 100% ( ada beberapa komponen yang tidak berfungsi ).
  • Layar Ponsel menjadi blank / menyala warna putih yang tidak menampilkan gambar.
  • Ponsel mengalami insert sim / tidak dapat membaca kartu sim sekalipun sim sudah terpasang.
  • Ponsel tidak dapat membaca Memori Card / kartu memori sekalipun kartu memori sudah terpasang.
  • Lampu pada seluruh bagian Ponsel tidak menyala, namun Ponsel masih dapat digunakan.
  • Buzzer pada Ponsel mati / ponsel tidak dapat mengeluarkan suara dering.
  • Dan masih banyak lagi kemungkinan terjadi kerusakan pada Ponsel.
Kemungkinan itulah beberapa gejala yang biasanya terjadi pada Ponsel yang terkena air, jadi harus segera di tangani dengan cepat dan tepat sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.      
  

Langkah - langkah mengatasi Ponsel terkena air :
  1. Jangan menghidupkan Ponsel ( jika ponsel langsung mati saat setelah terkena air ) sebab kemungkinan besar ada genangan air yang terdapat di dalam Ponsel, walaupun Ponsel masih dapat di nyalakan dan akan lebih parah lagi jika Ponsel di aliri arus listrik dengan cara di charger. 
  2. Lepaskan battery secepatnya dari Ponsel untuk meminimalisir kerusakan agar tidak terjadi shot / koslet yang lebih parah.
  3. Lepaskan semua perangkat yang terpasang pada Ponsel, seperti SIM Card dan Memory Card. 
  4. Jangan menjemur Ponsel dalam keadaan masih tertutup kesing, lebih - lebih dalam keadaan battery terpasang. Sebab, air tidak akan keluar dan kering akan tetapi justru akan mengembun di dalam Ponsel dan menjadi korosi yang akan menyebabkan dapat merusak layar Ponsel dan Ponsel menjadi rusak parah. 
  5. Buka semua kesing dan scrup ( baut ) Ponsel untuk memisahkan seluruh bagian - bagian komponen Ponsel. 
  6. Bersihkan air yang menggenang pada bagian seluruh Ponsel menggunakan kain berserat halus / tissue dan keringkan menggunakan hair dryer atau jemur di terik panas Matahari secukupnya, tidak harus lama dalam menjemur yang terpenting partikel cairan yang menggenang di PCB Ponsel sudah mengering. Namun jika ditangani oleh penyedia layanan servis biasanya memiliki alat pengering khusus yaitu menggunakan Blower / Solder Uap.
  7. Bersihkan seluruh bagian LCD, komponen ini biasanya sering rusak setelah Ponsel terkena air, karena di dalam LCD terdapat filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Jika di biarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.  
  8. Cek kembali seluruhnya hingga Ponsel benar - benar dalam kondisi bersih dan kering, tidak ada partikel air yang tersisa. 
  9. Rakit kembali semua komponen Ponsel yang sudah di keringkan dan di bersihkan dengan benar seperti semula.
  10. Sebelum Ponsel di nyalakan, disarankan alangkah baiknya jika Ponsel di test terlebih dahulu menggunakan Multitester atau Power Supply untuk mengetahui terjadi koslet apa tidak pada Ponsel melalui plus minus konector battery.
  11. Jika tidak ada tanda - tanda terjadi kosleting pada Ponsel, silahkan Ponsel di nyalakan.
  12. Selamat, Ponsel anda kembali normal.
Catatan :
Apabila semua langkah - langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar namun tidak membuahkan hasil, langkah selanjutnya silahkan dibawa ke tempat penyedia layanan reparasi Ponsel atau Service Center. 


Tips agar Ponsel tidak terkena air :
  • Ketika akan kehujanan segera Ponsel dibungkus dengan plastik atau disimpan pada tempat yang terhindar dari air, agar Ponsel tidak terjadi kontang langsung dengan air.
  • Jangan meletakkan Ponsel di saku baju atau celana di saat sedang melakukan aktifitas yang mengelurkan keringat, walaupun tidak berdampak secara langsung akan berakibat Ponsel menjadi rusak akibat korosi terkena air keringat dan biasanya lebih parah lagi dari terkena air biasa secara langsung.
  • Beri pengaman pada Ponsel dengan cara diberi sarung pelindung atau di beri tali pengaman agar saat terjatuh tidak terjadi benturan atau tercebur secara langsung.

        Sekian artikel tentang Solusi Ponsel Terkena Air yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Silahkan dapat anda share ataupun berkomentar. Dapat anda baca artikel terkait lainnya mengenai Solusi Kerusakan Ponsel pada blog ini. 


Semoga dapat bermanfaat ..... 

No comments:

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ IKUTI agar dapat berkomentar.
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.