Sunday, February 12, 2017

Fungsi Komponen Pada Ponsel




FUNGSI KOMPONEN PADA PONSEL



Rangkaian komponen utama pada Ponsel :
1. Antena 
Fungsinya :
Sebagai perubah signal frequency radio menjadi signal listrik, untuk penangkap dan pemancar gelombang radio / signal yang dipancarkan oleh operator melalu signal yang diterima oleh Ponsel.

2. Switch Antena ( Duplixer )
Fungsinya :
  • Sebagai Duplixer / pemisah antara signal RX ( Penerima ) dengan signal TX ( Pemancar ) dan juga disebut sebagai terminal pada Ponsel.
  • Sebagai pengirim dan penerima gelombang elektromagnetik dengan teknologi full duplixer berupa switch antena pada Ponsel untuk melakukan komunikasi 2 arah. Duplixer merupakan penyesuai antara Antena dan RF / PA.

3. Filter RX
Fungsinya :
Sebagai penyaring / pembagi frequency yang di inginkan / yang akan diterima, agar signal menjadi lebih jernih / baik, yang akan diterima oleh Ponsel. 

4. Penguat RX ( Transistor )
Fungsinya :
Sebagai penguat frequency penerimaan yang telah disaring oleh filter RX sebelum di proses lebih jauh oleh Ponsel.


5. IC RF Processor
Fungsinya :
Sebagai pengontrol signal RX ( masuk ) dan TX ( keluar ), agar setiap bagian dapat bekerja dengan baik. komponen ini terdiri dari beberapa bagian, seperti : 
- IF                    
- Mixer               
- Oscilator         
- Detector              
- Encoder
- Decoder
- AFC 
- Tone Frequency 
- Squelch 

6. VCO ( Voltage Control Oscilator )
Fungsinya :
Sebagai Oscilator / pembangkit frequency yang akan dikirim melalui bagian TX ( pemancar ) dan memeriksa frequency yang masuk melalui bagian RX ( penerima ) agar tetap sama dengan yang dipancarkan dan juga untuk mengatur tegangan pulsa dari RF signal Processor.

7. Filter TX
Fungsinya :
Sebagai penyaring / pembagi frequency yang akan dikirim atau dipancarkan sebelum di perkuat lagi oleh komponen lain yang terdapat di dalam Ponsel.


8. IC PA ( Power Amplifier )

Fungsinya :
Sebagai penguat akhir signal yang akan dipancarkan melalui komponen Switch Antena yang terdapat di dalam Ponsel.

9. Power Detector
Fungsinya :
Sebagai transistor yang mendeteksi kuat lemahnya signal dan mengirimkan data ke CPU untuk di olah dan kemudian memberikan data keseluruh komponen yang terintegrasi / terkait, khususnya dengan hardware yang berkaitan dengan signal.


10. Infra Red T/R Dioda
Fungsinya :
Sebagai pemancar dan penerimaan frequency data dengan menggunakan cahaya Infra Red, digunakan untuk mengiring dan menerima data aplikasi software tanpa perlu kabel data. 

11. Bluetooth
Fungsinya :
Suatu komponen sebagai  pemancar dan penerima frequency data dengan menggunakan gelombang radio / frequency dengan fungsi yang sama dengan Infra Red. 

12. Speaker
Fungsinya :
Suatu komponen untuk mengeluarkan suara yang sebelumnya hanyalah getaran listrik yang di ubah menjadi suara dengan melalui IC audio yang diterima oleh CPU untuk mengeluarkan suara yang terdapat dalam Ponsel. 


13. Microphone
Fungsinya :
Suatu komponen untuk berbicara / menghantarkan suara dengan cara kerjanya yaitu mengubah getaran suara menjadi getaran listrik agar suara yang diterima dapat di proses oleh komponen Ponsel lainnya.

14. IC CPU ( Central Processing Unit )

Fungsinya :
Suatu komponen sebagai pusat pengolahan data yang terdapat pada seluruh elemen / komponen yang bekerja di dalam Ponsel, seperti memerintah komponen terkait untuk bekerja sesuai kebutuhan  dan dapat menerima informasi dari masing - masing komponen. 


15. IC RAM ( Random Acces Memory )
Fungsinya :
Sebagai penyimpan data sementara dan membantu kinerja CPU, semakin besar kapasitas RAM akan semakin baik pula kinerja CPU.

16. IC Flash

Fungsinya :
Sebagai tempat penyimpanan data pada Ponsel yang sifatnya sementara, sebab datanya masih dapat di rubah / ditambah.


17. IC EEPROM ( Electricaly Erasse Programable Read Only Memory )

Fungsinya :
Sebagai tempat penyimpanan data utama yang permanen / data pabrik dan bekerja tidak dengan ada atau tidak tidak adanya arus listrik pada Ponsel, sebab memiliki daya listrik tersendiri. Sedangkan letaknya terdapat pada IC Audio.

18. IC Regulator
Fungsinya :
Untuk mengatur tegangan agar dapat di atur sesuai kebutuhan masing - masing komponen terkait dan juga sebagai pengontrol dari IC Charger yang dikendalikan oleh CPU. 


19. IC Charger 
Fungsinya :
Sebagai komponen yang bekerja secara otomatis pada saat pengisian dan bekerja untuk mengisi tegangan battery yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Regulator. 

20. IC Interface
Fungsinya :
Sebagai pengontrol data yang diperintahkan oleh CPU untuk Vibrator, Buzzer, Led dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam Ponsel. 


         Sekian artikel tentang Fungsi Komponen Pada Ponsel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Silahkan dapat anda Share ataupun Berkomentar, dan dapat anda baca artikel terkait lainnya mengenai Solusi Kerusakan Ponsel pada blog ini.


Semoga dapat Bermanfaat ...... 

 
  
 

No comments:

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ IKUTI agar dapat berkomentar.
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.